Jumat, 23 Maret 2012

4 Hal Wajib Diketahui Soal Kesehatan Lidah






                Selama ini, masalah kesehatan mulut hanya berfokus pada gigi dan gusi saja. Padahal, kebersihan lidah juga mempunyai andil besar untuk menjaga agar mulut Anda tetap sehat. Lidah adalah bagian penting dari mulut, sehingga Anda tidak boleh melupakan untuk selalu membersihkan setiap kali menggosok gigi. Berikut adalah hal-hal yang perlu diperhatikan tentang kesehatan lidah:

1.       Perlu dibersihkan. Jika diperhatikan, permukaan lidah memiliki benjol kecil pada permukaannya  yang disebut papila. “permukaan lidah tempat pelabuhan bakteri”, kata dr Euan Swan, program manager dari Dental Assosiaciation, Ottawa. Bahkan sebuah riset dari University of Michigan School of Medicine menemukan bahwa sekitar sepertiga spesies bakteri yang ditemukan di lidah tidak akan berkembang pada bagian mulut lainnya (akan menetap di lidah). Kuman  yang terjebak di lidah dapat menyebabakan bau mulut dan mempengaruhi indera perasa. Pertumbuhan bakteri yang berlebihan pada lidah dapat mengubah lidah anda menjadi kuning, putih, atau bahkan hitam dan tampak berbulu. Biasakan untuk membersihkan lidah setiap kali annda menyikat gigi. Anda dapat menggunakan pembersih lidah, sebuah alat kecil yang dirancang untuk mengikis lidah. Jika tidak mempunyai alat pembersih khusus, anda juga bisa menggunakan sikat gigi.

2.       Perawatan Ekstra. Lidah yang jarang dibersihkan lama kelamaan akan mulai menebal dan mengeras. Anda akan harus berhati-hati ketika akan mengikisnya, karena bukan tidak mungkin dapat merusak jaringan pada lidah. Anda dapat melindungi lidah dengan  memberikan semprotan pelembab mulut atau gel dan menunggu 10-15 menit, kemudian baru menyikatnya. Apalagi saat ini banyak sikat gigi yang bagian punggungnya bisa dipakai untuk menyikat lidah.

3.       Bisa Kanker. Berdasarkan data riset kanker WHO (Globocan 2008), kanker mulut merupakan jenis kanker yang paling banyak diderita pria di Asia Tenggara setelah kanker paru-paru. Masih menurut riset Globocan, diperkirakan ada sekitar 5000 kasus kanker mulut di Indonesia pada 2008 dengan jumlah kasus kematian mencapai 2143 orang. Angka kasusnya relatif cukup tinggi karena memang sulit untuk mendeteksi perkembangan kanker mulut. Oleh karena itu, para ahli merekomendasikan untuk melakukan skrining atau pemeriksaan kesehatan mulut seminggu sekali (bila usia di atas 40 tahun).

4.       Menindik Lidah. Para ahli kesehatan gigi dan mulut menyatakan, resiko infeksi akibat tindikan di lidah lebih tinggi ketimbang tatto. Penelitian beralasan karena pada dasarnya mulut seseorang sudah penuh dengan bakteri, dan bila ditambah dengan perhiasan logam di lidah, akan menambah kerusakan gigi dn gusi. Bahkan prosedur menusuk lidah sendiri (tindik) diketahu dapat merusak saraf dan mengganggu indera perasa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar